Rabu, 18 Januari 2017

MakeLifeMore: by Imagining Your Happy Future Life (Part 1)

Pentingnya Bermimpi
Dalam hidup ini ada dua jenis orang. Pertama orang yang bermimpi. Kedua orang yang tidak bermimpi. Manusia diciptakan dengan memiliki kehendak, kebutuhan. Itu adalah fitrah manusia yang diberikan tuhan. Lalu mengapa ada orang yang tidak bermimpi? Padahal bermimpi adalah hak  setiap orang. Bermimpi itu gratis. Mereka takut dan atau merasa tidak pantas. Bisa jadi juga mereka terlalu malas karena bermimpi adalah milik para pekerja keras.


Banyak orang berada di masa depan yang salah karena tidak berhasil menggambarkan masa depannya. Mereka adalah orang-orang yang tidak bermimpi. Padahal kenyataannya  bagaimana pun hidup akan tetap membawa semua orang pada suatu ruang dan waktu di masa depan. Masalahnya masa depan yang bagaimana?


Ada banyak yang salah memaknai slogan hidup mengalir seperti air, just go with the flow atau slogan lain sejenis. Jika seseorang merasa bijak dengan hidup seperti air, namun ternyata tidak bersikap sebijak air maka saat itu lah bencana dimulai. Sungai akan membawa air dalam deras alirannya, hidup akan menghempas-hempaskannya pada batu-batu ujian yang keras. Air yang bijak akan dengan mudah menyesuaikan diri, menyalurkan semua energi yang dikenakan padanya. Air akan melalui semuanya tanpa terluka, sampai dengan selamat di muara. Namun, jika kita menyikapi hidup dengan tidak bijak, perlahan kita akan menjadi pengeluh, merasa depresi, dan gagal. Jika ternyata kita belum sebijak air maka deras aliran akan menghancurkan kita berkeping-keping.



Sikap tidak berani bermimpi telah menjerumuskan banyak orang dalam sikap diam dan akhirnya didominasi oleh hal-hal yang tidak positif. Tidak bermimpi berarti tidak merencanakan apa-apa. Namun, seseorang yang tidak bermimpi akan tetap melakukan hal-hal, dan akan tetap menarik berbagai hal dalam hidupnya. Masalahnya adalah apa yang dilakukan oleh orang yang tidak bermimpi? Apa yang ditarik oleh orang yang tidak bermimpi? Apakah ia melakukan hal-hal yang akan membawanya pada masa depan yang ia inginkan? Orang yang tidak bermimpi akan tetap berbuat, berbuat hal-hal yang tidak ia rencanakan (impikan). Orang yang tidak bermimpi akan tetap menarik hal-hal, menarik hal-hal yang tidak ia rencanakan (impikan). Sedang hal-hal yang tidak direncanakan (diimpikan) seringkali adalah hal yang tidak diinginkan.


Orang yang berani bermimpi berarti berani mencoba mengarahkan perjalanan hidupnya pada masa depan yang ia inginkan. Bermimpi berarti menggambarkan dengan jelas kehidupan macam apa yang ingin ia jalani. Bermimpi membuat orang berpikir, berencana, bertindak, dan melakukan semua langkah-langkah yang perlu untuk diambil agar sampai pada masa depan yang diinginkan. Bermimpi berarti menarik semua hal baik yang kita inginkan dalam hidup. Let’s make life more by imagining your happy future life.
Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar